Pengertian dan Perspektif Kecerdasan Tiruan Oleh Adityo Fajar Nugroho

Pengantar Kecerdasan Tiruan

Pengertian Pengantar Kecerdasan Tiruan :

    Menurut H. A. Simon (1987) Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pangdangan manusia adalah cerdas. Kemudian menurut Rich and Knight (1991) Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Sedangkan menurut Encyclopedia Britannica Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan cabang ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak  menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan, metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan. 

    Dapat disimpulkan bahwa kecerdasan buatan menyangkut studi proses berpikir manusia dan berhubungan dengan merepresentasikan proses berpikir tersebut melalui mesin.

Tujuan AI Menurut Winston dan Prendergast (1984) :

  1. Tujuan utamanya membuat mesin menjadi lebih pintar.
  2. Tujuan Ilmiahnya untuk memahami apa itu kecerdasan tiruan.
  3. Tujuan Entrepreneurial yaitu untuk membuat mesin lebih bermanfaat. 
Perspektif AI dari Makna Kecerdasan :

    AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.

Perspektif AI dari Sisi Bisnis :

    AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.

Perspektif AI dari Sisi Pemrograman :
  • AI adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, dan proses pencarian (search). Search jarang mengarah langsung ke solusi.
  • Umumnya program AI lebih fokus pada simbol-simbol daripada pemrosesan numerik.
  • Bahasa Pemrograman yang sering digunakan AI adalah LISP, PROLOG, Pemrograman Berorientasi Objek seperti C, C++, Smalltalk, dan Java.
Perspektif AI dari Sisi Penelitian :
    Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas-tugas sederhana). 
    “Artificial intelligence” adalah nama pada akar dari studi area.


Artikel ini dibuat sebagai tugas kuliah sebagaimana yang tertuang dalam https://onlinelearning.uhamka.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Simulasi Berbasis Software PowerSim Oleh Adityo Fajar Nugroho

Berita Uhamka Oleh Adityo Fajar Nugroho - 1903015147

Definisi Pemodelan dan Simulasi Oleh Adityo Fajar Nugroho